ilmu pengetahuan

Ilmu merupakan Sandal untuk melangkah.

Bank Soal Semester Ganjil Fakultas Teknik

Assalamualaikum….

Sahabat sahabat sekalian, UAS (Ujian Akhir Semester) sebentar tinggal 1 hari lagi nih, udah pada mempersiapkan diri belom ? Yang namanya mahasiswa, menjelang UAS pasti sibuk sana sini mencari soal soal tahun lalu, ia kan ? hehe..

Tenang aja, ga usah pada galau dan risau cari cari soal tahun lalu buat ujian besok, karena kami sudah menyiapkan referensi soal soal ujian tahun lalu dari 5 jurusan Teknik UNAND  sehingga para sahabat sahabat sekalian bisa belajar dan semoga bisa mendapatkan nilai yang memuaskan semester ini., AMIN YA RAB…..

Langsung aja, silahkan di download soal – soalnya, moga bisa bantu..
maaf agak telat ya hehe 🙂

Bank soal Teknik Elektro
Bank soal Teknik Mesin
Bank soal Teknik Lingkungan
Bank soal Teknik Industri
Bank soal Teknik Sipil

Shiken no tame, Ganbatte…… 🙂 !!

Iklan
Categories: ilmu pengetahuan, Soal - soal | Tinggalkan komentar

FILE Edisi Pertama 2014/2015

Assalamualaykum Sobat semua..
Alhamdulillah pada hari Rabu,3 desember 2014 buletin FILE edisi pertama launching..Selamat membaca..Insya Allah bermanfaat..

10805612_868622026511198_7794955020241261322_n 10847829_868622236511177_3166842319581232558_n

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

MAJELIS ILMU

Seorang syaik dengan pengetahuan islam yang mengagumkan ikut majelis ilmu bersama para awam .Salah seorang yang mengenal beliau,memutuskan untuk bertanya dengan menghilangkan heran dalam kepala.”ya syaik,kenapa kamu masih mau ikut majelis ini?bukankah kau telah banyak paham tentang islam?sang syaik berwajah teduh tersenyum dengan santun ia menjawab,”aku duduk disini karena ingin mendapatkan doanya para malaikat,doa bagi para penuntut ilmu ,agar mereka masuk surganya allah azza wa talla.

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

UntukMU Nakhoda Baru

“Seonggok kemanusiaan terkapar. Siapa yang mengaku bertanggung jawab? Bila semua pihak menghindar, biarlah saya yang menanggungnya, semua atau sebagiannya…” Rahmat Abdullah

Bismillahi arrahnmaan arrahiim…

Assalaamu’alaikum warahmatullah wa barakaatu.
Adik-adikku,  Bersyukur ALLAH masih menetapkan kalian untuk tetap berjuang di sini, di Foristek. Masih mau bermanfaat melayani kebutuhan saudara-saudaranya di teknik, walau mesti berkorban harta, tenaga, pikiran, dan perhatian.
Dan sekarang saatnya kalian bertransformasi. Dari kaki-kaki menjadi kepala-kepala dari perjuangan ini. Ini menjadi sesuatu yang lain, Dik. Sekarang ada adik-adik yang harus kalian tunjukkan arah, kalian bimbing, dan kalian tuntun. Untuk kemudian mewujudkan satu mimpi besar. Mimpi kalian bersama.Kalian bukan lagi yang diperhatikan tetapi kalianlah yang memperhatikan yang lain, kalian tidak lagi dimengerti, tetapi mengerti orang lain.
Dan perjuangan kalian ke depan tak ubahnya tongkat estafet, yang semula kami pegang lalu kami gilirkan, demi teknik yang lebih baik. Agar kalian belajar dari kesalahan-kesalahan kami, lalu menjadi agen perbaikan. Besar harapan kami kepada kalian yang akan meneruskan mimpi-mimpi kami yang tidak sempurna. Demi goresan sejarah kalian yang membawa perbaikan, buatlah episode-episode yang indah yang akan kalian kenang dikemudian hari.

Berpegang teguhlah kepada allah swt, karena sesungguhnya sumber dari segala sumber kebenaran adalah ALLAH Azza Wa Jalla. Karena kami tahu niat bersih kalian hanya untuk menolong agama allah swt. Bukankah Allah SWT telah berfirman dalam QS. 47:7, “In tanshurullah yanshurkum wayutsabbit aqdaamakum” (Jika engkau menolong Allah, Allah akan menolongmu dan meneguhkan pendirianmu). Hendaklah kalian bersabar, ibarat kita sedang naik perahu di tengah kabut. Kita tidak tahu seberapa jauh lagi jarak kita ke daratan. Mungkin di antara kalian akan ada yang tidak sabar kemudian mundur. Hanya kesabaranlah yang mengiringi sampai hilangnya kabut. Yang membuat kita bersemangat adalah telah jelasnya daratan yang kita tuju.
Ketahuilah bahwa anak forum Foristek merupakan orang-orang yang “dilihat” dan “dinilai” oleh warga teknik. Untuk itu, berusahalah untuk jadi sosok yang patut diteladani. Yang baik akhlaknya, baik akademiknya, baik prestasinya. Karena tidak bisa kita menjadikan mahasiswa lain baik , jika kita tidak berusaha untuk memperbaiki diri
Adikku, ujian komitmen, kesabaran, dan kejujuran akan senantiasa hadir dalam perjalanan ini. Memang tidak mudah. Maka genggamlah terus tangan saudaramu. Tapi putra genggam putra, putri genggam putri yak. Jangan putra genggam putri (kalo belum halal)! Pastikan kalian bersama-sama mengakhiri seperti waktu kalian mengawali. Terdengar mustahil? Insya allah bisa kalau kalian semua diselubungi ukhuwah dan niat kepadanya.
Jadikanlah Foristek kembali mandiri secara ekonomi. Jangan jadikan uang sebagai alasan kalian tidak melakukan ini atau itu. Karena pemuda hanya butuh semangat dan belajar untuk mewujudkan semua mimpi-mimpinya. Hargai saudaramu, sekecil apapun amanahnya. Karena mereka adalah malaikat kecil yang diutus allah untuk menemanimu dalam mengarungi bahtera jalan juang kedepan. Hindari perdebatan, walaupun kamu memiliki hak untuk itu dikarenakan pendapatmu lebih baik. Jangan pernah memaksakan keinginan individu dalam menjalankan amanah, karena allah hanya akan memberikan yang kita butuhkan bukan kita inginkan. Cintailah saudaramu secara sederhana karena suatu saat dia akan manjadi lawanmu dan Bencilah saudaramu secara sederhana karena suatu saat dia akan menjadi sahabat dekatmu. Tidak dikatakan bersahabat dekat jika belum bisa mencintai saudaramu layaknya mencintai dirimu sendiri.
Dik, bukanlah perjuangan ini diteruskan jika kalian tidak belajar dari kesalahan-kesalahan kami. Maka janganlah kalian jatuh ke lubang yang sama. Dan jadilah generasi yang lebih baik lagi. Karena kalian adalah pejuang-pejuang yang ada untuk kebaikan, dan untuk perbaikan. Tulisan ini ada, bukanlah karena kami lebih baik atau lebih pintar. Tulisan ini ada hanya karena kami lebih dulu berada di medan yang sama, dan berharap kalian kelak lebih baik dan lebih pintar daripada kami. Perjuangan pasti berlanjut, Dik! Hanya tinggal apakah kalian mau atau tidak menjadi bagian dari perjuangan ini. Mendapat pahala dari medan ini.Sungguh apa yang kami lakukan masih begitu kecil. Masih sedikit bahkan terlalu sedikit dibandingkan dengan apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu dan penyeru di jalan dakwah ini. Memang belumlah berarti apa-apa, namun yang sedikit ini begitu berarti dibandingkan dengan tidak melakukan apa-apa sama sekali padahal kita mengetahui kewajiban dan keharusan untuk menyeru di JALAN ini.
Terima kasih untuk kontribusi setahun kemarin. Dan semoga sukses selama setahun ke depan. Teruslah buat bangga rasullulah saw.Terima kasih kalian mau meneruskan mimpi-mimpi yang belum sempurna ini. Semoga allah meridhoi apa-apa yang kalian lakukan. Karena tanpa ridhonya, segalanya menjadi tidak berharga…dan

Kami Dari “Team Akademik Foristek” 2013-2014

Selamat Atas Terpilihnya “Rinaldi Putra Bahari Teknik Mesin 2012”

Sebagai Ketua Umum Forum Studi Islam Teknik 2014-2015

dan

“Elmendriani Wyaharnal Teknik Lingkungan 2012”

Sebagai Ketua Keputrian Forum Studi Islam Teknik 2014-2015

Semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

“Karena Kita Untuk Foristek Selamanya”

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Resensi “99 Cahaya di Langit Eropa”

Gambar

 

Assalamualikum wr.wb..

Apa kabar Civitas Academica?

Wie geht es dier?(Wina)

Comment allez-vous?(Paris)

Como estas?(Cordoba)

Nasılsın?(Istanbul)

Sumber google translet heehee,,

Ada yang spesial, kali ini academic crew menyajikan sebuah resensi buku, mungkin selama ini kita lebih banyak membahas science.Boleh donk anak teknik membahas sastra, apalagi bernuansa islam seperti Novel best seller “99 cahaya di langit Eropa”.Banyak pesan dan sejarah yang terkandung didalamnya, tanpa kita sadari selama ini.

Sebuah novel yang dikarang oleh putri Amien Rais, tau kan? salah seorang politikus ternama negeri ini.Tak disangka, tak dinyana, putri beliau, Hanum Salsabiela Rais dibantu suaminya Rangga Almahendra adalah penulis novel berbakat. .Oke, kita mulai resensi nya.

Penulis mengajak kita berjalan-jalan dulu di Wina, mengunjungi Restoran spesial, karena menjungkirbalikkan konsep ekonomi di dunia. Lalu berjalan-jalan ke Museum Kota Wina untuk bertemu Kara Mustafa Pasha, seorang pemimpin penaklukan Islam Ottoman yang gagal menaklukan kota Wina. Sebuah potret yang mengabadikan warisan pengetahuan, bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh alam. Oleh karena itu, penyebaran Islam pun perlu dilakukan secara baik-baik, dengan cinta dan kasih sayang, bukan dengan pedang dan meriam yang berakhir kekalahan

Perjalanan kedua dalam mencari jejak-jejak Islam di Eropa, adalah ke Paris.Ketika pasangan ini bertualang ke Paris, mereka juga bertemu seorang tokoh menarik dan simpatik yaitu Marion Latimer seorang mualaf Prancis. Kota Paris, Pusat peradaban paling maju di dunia. Di Museum Louvre, kita diperkenalkan dengan Kaligrafi Arab Kuno, Pseudo Kufic di sebuah lukisan terkenal, The Virgin and The Child. Sebuah kalimat tauhid bertahta di pinggir hijab Bunda Maria. Penasaran? Makanya yuk baca.Di Paris, ada pemandangan satu garis yang indah. Mulai dari Monumen Obelisk Mesir, Jalan Champs-Elysees dan Monumen Arc de Triomphe semua membentuk garis lurus sempurna. Kalau ditarik garis lurus maka berujung ke kota Mekkah.

Pada bagian ketiga perjalanan, kita menuju Cordoba dan Granada. Di sini ada Mezquita yang terkenal, bangunan Masjid yang berubah fungsi menjadi gereja.Kaligrafi arab masih menghiasi atap, meski penuh ”luka” karena dicongkel dan dihapus jejaknya. Mihrab yang dijeruji menambah kedukaan yang timbul karena menjadi refleksi kejayaan Islam sekaliguskejatuhannya.Di Granada, ada Al-Hambra, sebuah benteng pertahanan yang menorehkan jejak penaklukan Kristen Spanyol yang terus menggusur wilayah Kesultanan Islam. Benteng yang akhirnya menjadi saksi bisu kekalahan Islam lainnya, dengan diserahkannya Granada dari Sultan terakhir ke tangan Isabella dan Ferdinand yang akhirnya membaptis seluruh warga Granada untuk memeluk agama Kristen. Tindakan yang sebenarnya ditentang oleh semua golongan, termasuk Kaum Kristen asli penduduk Granada.

Bagian Empat buku ini adalah perjalanan ke Istanbul, Turki. Negara yang begitu bangga akan dualitas identitasnya. Satu kaki menjejak Eropa, dan Kaki satunya menjejak Asia. Di Istanbul, kita diajak mengunjungi Hagia Sophia, bangunan yang sempat menjadi Gereja, sempat menjadi masjid. Dengan keanggunan kaligrafi Islam raksasa, motif lukisan Yesus dan Bunda Maria, kini bangunan itu diwakafkan untuk menjadi museum demi kepentingan negara. Perjalanan ini Juga mengunjungi keindahan Masjid Biru dan Istana SultanTopkapi.

Buku ini benar-benar mampu menyeret kita kedalam kemasyuran Eropa dari sudut pandang baru , memperkaya akan keindahan Islam di Eropa. Buku ini buku traveling yang juga mengingatkan kita untuk menjadi agen Islam yang baik, yang menyebar damai, keteduhan dan keindahan di komunitas nonmuslim. Apalagi ketika Islam menjadi agama minoritas.

” Islam pernah bersinar sebagai peradaban paling maju di dunia, ketika dakwah bisa bersatu dengan pengetahuan dan kedamaian, bukan dengan teror atau kekerasan.” Hal.8

Buku yang penuh dengan percakapan-percakapan tentang indahnya Islam, keteduhan dan kegigihan orang-orang yang too good to be true but they are really true dalam mendakwahkan Islam yang rahmat bagi seluruh Alam, bukan hanya rahmat bagi orang Islam saja.

Membaca buku ini setidaknya kita dibekali dengan tiga nilai: spiritualitas (agama), intelektualitas (sains), dan wisata sejarah. Diceritakan bagaimana Averroes (Ibnu Rushd) sebagai bapak renaissance eropa berpendapat bahwa kewajiban manusia hidup di dunia adalah untuk berfikir. Penulis berhasil mengaduk-aduk imajinasi, membuat pembacanya membayangkan tentang masa keemasan sekaligus kehancuran peradaban Islam di benua biru lewat pengalamannya menjelajah Eropa.Buku ini sekali lagi mengajarkan kepada kita tentang pentingnya keseimbangan antara iman dan kalam, serta memberikan contoh nyata bagaimana menjadi agen Islam yang ideal.Melalui realitas yang diceritakan dalam buku ini pula, kita tersadarkan bahwa mengalah untuk mendapatkan kemenangan hakiki jauh lebih indah, damai, dan manusiawi daripada mempermasalahkan perbedaan yang fitrah.

Dan akhirnya, buku ini menyadarkan pembacanya tentang pentingnya menjadi muslim yang kreatif, inovatif, dan berdaya guna jauh lebih bernilai daripada muslim yang hanya sholat dan membaca Alquran untuk dirinya sendiri.

Dan, cukup deh,,mending baca sendiri aja novelnya..

Belum punya, makanya beli donk.Mau beli, yang ORI donk.

Belum punya uang, makanya minjem donk.Yaa minjem ke temen yang punya..sebagaimana sebuah pepatah sakral mengatakan.”bapandai-pandailah diak anak teknik mah

Selamat Membaca!

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Besi Berasal Dari langit?

GambarBagaiman caranya besi di turunkan dari langit? Apakah dijatuhkan begitu saja ke bumi? pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang terkadang menghantui pikiran orang-orang awam di antara kita, bahkan hingga detik ini masih banyak manusia di palanet bumi ini yang tidak begitu paham dari mana asalnya besi itu. Nah, dalam tulisan ini kita akan mencoba melirik dari sudut pandang para sainstist dan penjelasan Allah dalam Al Qur’an.

Ilmuwan dari NASA seperti Profesor Amstrong menjelaskan bahwa memang besi (Fe) diturunkan dari langit. Sains memberikan informasi kepada kita, bahwa besi termasuk logam berat yang tidak dapat dihasilkan oleh bumi sendiri.

Pada awal pembentukan planet bumi pernah dihujani asteroid yang kaya dengan unsur besi. Setiap benturan tersebut juga menimbulkan ledakan energi yang meningkat kan suhu planet bumi sampai 1.800 derajat celcius.

Energi sistem tata surya kita tidak cukup untuk memproduksi elemen besi. Perkiraan paling baik, energi yang dibutuhkan adalah empat kali energi sistem matahari kita, dengan demikian besi hanya dapat dihasilkan oleh suatu bintang yang jauh lebih besar daripada matahari, denga suhu ratusan juta derejat celcius.

Kemudian meledak dahsyat sebagai nova atau supernova, dan hasilnya menyebar di angkasa sebagai meteorit yang mengandung besi, melayang di angkasa sampai tertarik oleh grafitasi bumi, diawal terbentuknya bumi miliaran tahun yang lalu.

Lautan yang mencapai kedalaman 10 mil lebur dan meluas hingga menyelimuti planet Bumi. Radioaktif didalam planet ini semaikn memanaskan suhu dalam interior bumi sehingga menjadi sebuah periok besi yang meleleh.

Lelehan meteor besi itu kemudian mulai menyusut ke tengah karena ditarik gaya grafitasi bumi. Lelehan besi tersebut mengalir sejauh ribuan kilometer dari permukan mengikuti perjalananya menuju inti bumi. Perjalanan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih satu miliar tahun. Rentang waktu tersebut tergolong pendek dalam skala geologi. Itulah penyebab mengapa planet bumi mempunyai inti besi yang dikelilingi oleh lelehan-lelehan batu gunung berapi hingga saat ini. Artinya besi yang kita kenal menjadi bagian hidup hidup manusia ternyata bukan dari planet Bumi. Luar biasa, besi adalah salah satu unsur yang dinyatakan secara jelas dalam Al Qur’an. Dalam Surat Al-Hadiid, yang berarti “besi” Allah berfirman:

“…Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia…” (Qs Al Hadiid : 25)

Memang aneh, tampaknya, nama salah satu elemen kimia dalam tabel periodik yaitu besi (Fe = ferrum) bisa mejadi salah satu surat dalam kitab suci agama Islam. Akan tetapi hal inilah yang menjadi salah satu kebenaran yang tak terbantahkan dari Al Qur’an. Sehingga pertanyaan bagi orang awam tentangnya, karakter apa yang menarik pada surat ini? Lalu mengapa besi dijadikan salah salah satu nama surat dalam Al-Qur’an? Bukankah emas, misalnya, adalah logam mulia yang lebih berharga?

Karakter pertama, yang menarik perhatian adalah banyak penafsir menghindari terjemahan wa anzalnal-hadida. Dengan “Kami ciptakan besi”. Kata itu lebih tepat di artikan sebagai “Kami turunkan besi” sebagaimana terjemahan dari kata wa anzalna ma’ahumul kitab wal miizaan —kalimat awal dari Surat Al Hadid ayat 25 diatas – yang berarti “Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab dan mizan (keadilan, keseimbangan, keselarasan, dan kesepadanan)…”. Karena dalam bayangan mufasir klasik, bagaiman caranya besi di turunkan Allah dari langit? Apakah dijatuhkan saja?

Karakter kedua, ketika menjelaskan, besi memberikan kekuatan yang hebat, barangkali kita membayangkan senjata pemusnah sekelas ICBM, Inter Continental Ballistic Missile (peluru kendali antar benua) atau senjata pemusnah massal seperti senjata kimia. Tetapi bukan hanya itu. Nikmat yang paling besar yang diberikan Allah kepada umat manusia adalah desain bumi. Bumi dan isinya yang dilindungi oleh sabuk Van Allen yang membungkus bumi seolah-olah perisai berbentuk medan Elektromagnetik berenergi tinggi. Perisai dengan kekuatan hebat ini tidak dimiliki planet-planet lain.

Sabuk radiasi yang membentuk energi tinggi, terdiri dari proton dan elektron, memneglilingi ribuan kilometer di alas bumi, diberinama sabuk Van Allen. Sabuk ini melindungi bumi dan isinya dari ledakan dahsyat energi matahari yang terjadi setiap 11 tahun sekali yang disebut solar flares. Ledakan dahsyat ini bila tidak ditahan di angkasa dapat meluluh-lantakan semua kehidupan di bumi dengan kekuatan setara 100 juta bom atom Hiroshima. Perlindungan juga didapatkan dari serangan badai kosmis yang membahayakan umat manusia. Bagaimana sabuk perisai ini terbentuk? Sabuk ini terbentuk dari inti bumi yang besar, yaitu terdiri besi dan nikel. Keduanya membentuk medan magnet yang besar, yang tidak dimiliki oleh planet lain, kecuali planet Merkurius dengan radiasi yang lemah.

Karakter ketiga, berhubungan dengan elemen kimia dalam tabek periodik. Kita kurang lengkap menafsirkan Surat Besi tanpa mebedah elemen kimia besi berikut karakteristiknya, yang berhubungan dengan kata Al Hadiid. Tanpa mengenal sifat-sifat besi, pembaca tidak akan mengetahui keindahan Surat Besi ini yang diletakkan pada nomor 57. Dalam Al-Qur’an di surah Al-Hadid (besi) memiliki urutan surah ke 57, yakni sama dengan nomor massa besi dalam tabel periodik unsur dan nilai numerik dalam kata arab dari kata hadid sendiri memiliki nomor26, yaitu nomor atom besi. ini bukan mencocok-cocokkan tapi memang demikianlah kenyataannya. Wallahu a’lam bish Shawaab.

 

(sumber:http://achmadfirdaus.wordpress.com/tag/besi-turun-dari-langit/)

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Apa Itu Nanoteknologi?

 

Apakah kamu pernah mendengar istilah nanoteknologi? Istilah nanoteknologi akhir-akhir ini banyak terdengar khususnya dikalangan peneliti  di negara-negara maju. Hhmm…penasaran kan, apa itu nanoteknologi? Dan mengapa begitu banyak peneliti di berbagai negara berlomba-lomba memasuki bidang yang satu ini? Yuk kita cari tahu…

Istilah “nano” berasal dari bahasa Yunani yang berarti kecil/kerdil. Sesuai dengan namanya, nanoteknologi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengontrol zat, material dan sistem pada skala nanometer, sehingga menghasilkan fungsi baru yang belum pernah ada. Ukuran 1 nanometer adalah 1 per satu milyar meter (0,000000001 m) yang berarti 50.000 kali lebih kecil dari ukuran rambut manusia. Wuiihh..kira-kira kamu bisa gak ya melihat benda dengan ukuran seperti itu?

Dengan membuat zat hingga berukuran sangat kecil, sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan. Semua benda yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tersusun dari atom-atom berukuran nano. Bahkan makhluk hidup, termasuk manusia, juga tersusun dari atom-atom. Karakteristik/sifat dari semua benda itu sangat bergantung pada susunan atom-atomnya. Sehingga, sedikit saja susunan struktur atomnya diubah, karakteristik suatu benda bisa berubah drastis. Inilah konsep utama dalam nanoteknologi.

Eehh, jangan salah yah..walaupun kecil, tapi teknologi nano ini justru memiliki manfaat yang sangat besar loh. Mulai dari dunia kesehatan, pangan, lingkungan, ekonomi, dunia komunikasi, industri, elektronika, manufaktur, informatika, transportasi, dan masih banyak lagi.

Salah satu contoh hasil dari nanoteknologi dibidang kesehatan adalah robot-robot mungil yang bisa berkeliaran dalam tubuh kita untuk membunuh virus-virus yang menyebabkan penyakit dan membersihkan saluran darah yang tersumbat. Wuiihh…hebaat…!!! Dengan nanoteknologi, kita bahkan bisa membuat pesawat ruang angkasa dari bahan komposit yang sangat ringan tetapi memiliki kekuatan seperti baja. Kita juga bisa memproduksi mobil yang beratnya hanya 50 kilogram. Dan masih banyak lagi contoh-contoh keren lainnya yang telah dihasilkan berkat nanoteknologi ini.

Sumber gambar: cmhouston.org
Dari berbagai sumber

 

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

ada apa dengan garam dapur???

Setiap yang terjadi di alam semesta, tentu sudah dirancang Allah untuk menjadi bahan pemikiran (tafakur) manusia menuju rahmat Tuhannya. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” (QS Ali Imran 190).

Dalam ilmu Kimia, kita mengenal istilah unsur dan senyawa. Unsur adalah zat tunggal seperti H (Hidrogen), O (Oksigen), Na (Natrium), Cl (Chlor), C (Carbon), N (Nitrogen) dan lain-lain. Hingga saat ini kita mengenal 117 unsur yang ada di dunia.

Misteri Senyawa Kimia
Senyawa adalah zat yang terbentuk dari beberapa unsur, seperti Air. Air terbentuk dari unsur Hidrogen (H) dan Oksigen (O) yang dalam rumus Kimianya ditulis H2O. Contoh senyawa lainnya adalah garam dapur, yang terbentuk dari unsur Natrium (Na) dan Chlor (Cl), dengan rumus Kimia NaCl. Sianida juga merupakan sebuah senyawa yang tersusun dari unsur C (Carbon) dan N (Nitrogen), sehingga rumus kimia Sianida adalah CN.

Ada yang sangat unik bin ajaib dari fenomena Kimiawi tersebut. Setiap hari anda mengkonsumsi garam dapur, bukan? Bagaimana rasanya jika anda makan sayur tanpa garam? Apa yang unik dari penciptaan garam dapur ini? Coba simak baik-baik tentang cipataan Allah yang satu ini:

Garam dapur, ternyata terbentuk dari unsur-unsur yang sangat berbahaya! Inilah salah satu keajaiban dunia yang patut kita renungkan. Garam dapur (NaCl) adalah sebuah senyawa yang terbentuk dari unsur Natrium (Na) dan unsur Chlorida (Cl). Kalau kita lihat satu per satu, Natrium adalah suatu unsur yang berbahaya. Sangat eksplosif, kena air sedikit saja bisa meledak dan mengeluarkan api. Sedangkan Chlor (Cl) dalam bentuk gas, klorin berwarna kuning kehijauan, dan sangat beracun.

Ringkasnya, Natrium adalah zat yang sangat berbahaya. Chlor juga zat yang sangat berbahaya. Tapi setelah keduanya bersatu membentuk Natrium Chlorida, maka kedua sifat buruknya (membakar dan beracun) musnah! Bahkan Natrium Chlorida (garam) adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai penyedap rasa.

Jika garam dapur adalah zat berguna yang dibentuk oleh dua zat yang berbahaya, maka sebaliknya terjadi pada Sianida. Sianida (CN) adalah racun yang terbentuk dari Carbon (C) dan Nitrogen (N). Carbon (arang) adalah zat yang berguna untuk proses pemurnian dalam dunia industri, dan digunakan untukmbakar sate di Warung Sate Tegal. Nitrogen juga merupakan zat yang sangat berguna dalam dunia medis, bahkan sekarang digunakan untuk mengisi ban mobil anda agar lebih stabil. Anehnya, Carbon (C) dan Nitrogen (N) yang keduanya adalah zat yang berguna, tapi ketika keduanya bersatu membentuk Sianida (CN) maka daya gunanya mendadak sirna, dan muncul sifat baru yang berbahaya. Sianida (CN) adalah racun.

Inilah keajaiban dunia yang Allah ciptakan. Sebuah misteri Kimia yang menakjubkan. Lalu apa hikmah di balik misteri Kimia yang unik ini?

Misteri Kimia Racun Sianida

Sianida adalah zat buruk yang terbentuk oleh dua zat yang baik. Ini adalahtamsil bagi kita bahwa seorang penjahat dapat lahir dari pasangan orang tua yang baik-baik. Karena itu, sekalipun suasana rumah tangga kita sudah baik, jangan pernah merasa aman terhadap nasib anak-anak kita! Waspada selalu terhadap anak-anak kita. Berilah perhatian yang cukup pada mereka. Berikan bimbingan dan kontrol yang memadai agar anak-anak kita tidak menjadi “Sianida”.

Misteri Kimia Garam Dapur

Garam dapur (Natrium Chlorida) adalah zat berguna yang terbentuk oleh dua zat yang berbahaya. Inilah i’tibar luar biasa yang diberikan Allah untuk kita tiru. Kita harus mampu bersatu (berjamaah) untuk membentuk sebuah kekuatan baru yang positif, walaupun secara individual kita memiliki kekurangan.

Ayo bersatu, galang kekuatan! Jadilah bermanfaat untuk orang lain, seperti Natrium Chlorida…

—–

Hmmm (⌒˛⌒) Adakah hikmah yg kita ambil?

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Jam Istirahat Buat Organ Tubuh

 

Zaman sekarang masyarakat sudah super sibuk,jadi setiap orang terkadang lupa dengan kesehatan dalam tubuhnya sendiri…Jadi saya mau sedikit kasih info jadwal kerja organ tubuh kita.

Berikut jadwal kerja organ kita :

LAMBUNG Jam 07.00 – 09.00 Jam piket organ lambung  sedang kuat, sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan
pagi, perut masih kosong sehingga zat yang berguna segera terserap
tubuh.

LIMPA Jam 09.00 – 11.00 Jam piket organ limpa kuat, dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

JANTUNG Jam 11.00 – 13.00 Jam piket organ jantung kuat, harus istirahat, hindari panas dan olah fisik, ambisi dan emosi terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.

HATI Jam 13.00 – 15.00 Jam piket organ hati lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

PARU-PARU Jam 15.00 – 17.00 Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru

GINJAL Jam 17.00 – 19.00 Jam piket organ ginjal kuat, sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

LAMBUNG Jam 19.00 – 21.00 Jam piket organ lambung lemah sebaiknya tidak mengkonsumsi makan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah berhenti makan

LIMPA Jam 21.00 – 23.00 Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG Jam 23.00 – 01.00 Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat tidur, apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

HATI Jam 01.00 – 03.00 Jam piket organ hati kuat.
Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.

PARU-PARU Jam 03.00 – 05.00 Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi  paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

USUS BESAR Jam 05.00 – 07.00 Jam piket organ usus besar kuat, sebaiknya biasakan BAB secara teratur.

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Belajar Listrik

Capture

http://www.indi-smart.com/files/flash/6_EnergiListrik.swf

Categories: ilmu pengetahuan | Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.